Sabtu, 20 Oktober 2012

Apa Itu Top Notes, Heart Notes dan Base Notes?


Sering kita bertanya-tanya, kenapa ya parfum setelah beberapa jam dipakai wanginya berubah, gak seperti waktu pertama kali disemprotkan?
Yup, banyak yang tidak menyadari bahwa parfum di design dengan beberapa aroma yang akan bergantian muncul seiring waktu pemakaian.  Aroma tersebut terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Top Note, Heart Note dan Base Note.
Langsung saja :
-       Top Note:
Top Note adalah wangi pertama yang muncul setelah parfum disemprotkan ke kulit kita. Biasanya didominasi olah wangi buah-buahan, seperti citrus. Wangi ini akan bertahan beberapa jam.
-       Heart Note:
Heart Note atau Middle Note adalah wangi yang muncul setelah top note. Biasanya beraroma bunga dan campuran sedikit buah.
-       Base Note:
Base Note adalah wangi yang keluar setelah heart note. Biasanya beraroma lebih berat, seperti kayu, rempah, musk, vanilla.

Nah, pertanyaan diatas tadi sering muncul karena sewaktu membeli parfum, kita tidak pernah memperhatikan top note, heart note dan base note.  Biasanya orang langsung membayar parfum setelah kesengsem dengan semprotan pertama (top notes). Setelah beberapa hari digunakan, akhirnya dipensiunkan karena setelah beberapa jam dipake kok wanginya gak sesuai harapan? (banyak kasus seperti ini..hehehe)

Sedikit tips dari saya, lebih baik sabar saat akan membeli sebuah parfum. Batasi hanya 2-3 botol saja yang akan dicoba untuk menjaga sensitifitas daya penciuman, dan jangan mencoba mengetahui aroma parfum dengan mencium penyemprotnya.  Lebih baik semprotkan dulu ke kertas tester yang biasanya disediakan oleh toko parfum. Setelah yakin dengan beberapa aroma yang akan dicoba, kemudian semprotkan  parfum ke pergelangan tangan anda dan biarkan beberapa jam untuk mengetahui top note, heart note dan base note-nya.  Setelah beberapa jam, jika parfum tersebut dirasa cocok, baru deh anda tebus parfum pihan anda tersebut. Jadi anda tidak sia-sia mengeluarkan uang untuk sebuah parfum.

Semoga bermanfaat,
Salam…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar